Yuk Ketahui Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari (Sunburn)


Habis panas-panasan, kamu merasa kulitmu terbakar matahari? Eits, belum tentu beauties!


Bisa jadi antara kamu alergi matahari atau memang terbakar matahari (sunburn). Nah, yuk ketahui perbedaannya!


Alergi Matahari


Alergi matahari atau sun rashes merupakan kondisi kulit yang sensitif terhadap radiasi ultraviolet yang terdapat dalam sinar matahari.


Nah, saat Beautiesmengalami alergi matahari, kulit akan mengirimkan sinyal bahwa tubuh mengalami ancaman. Akibatnya, tubuh akan mengeluarkan antibodi untuk melawan dan memunculkan reaksi alergi.


Gejala dari alergi matahari bisa berupa bercak kemerahan dengan rasa gatal. Setelah beberapa hari, bercak tersebut akan menyebabkan bengkak dan bentol seperti biduran.


Selain gejala pada kulit, alergi matahari juga dapat menimbulkan gejala bersin, batuk, pilek, hingga sesak nafas.


Terbakar Matahari


Terbakar matahari atau sunburn adalah kondisi kulit dengan luka bakar ringan akibat terpapar matahari secara berlebihan. Biasanya, kondisi ini terjadi 2-6 jam setelah terkena paparan sinar matahari.


Gejla yang ditimbulkan saat sunburn seperti kulit kemerahan yang gatal, panas, dan perih saat disentuh.


Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari


Nah, meski gejalanya mirip, perbedaan keduanya adalah jika alergi matahari menimbulkan bercak yang dapat diikuti biduran dan menghilang sempurna saat tidak terkena sinar matahari lagi. 


Sedangkan penderita sunburn akan mengalami rasa gatal dan terbakar, lalu beberapa hari kemudian kulit akan tampak pecah-pecah dan kehitaman.


Tentunya, alergi matahari dan sunburn dapat dicegah, salah satunya dengan selalu menggunakan sunscreen dengan SPF 30, seperti Boss Babe Tinted Sunscreen yang memiliki SPF 30PA++.


Selain itu, kamu juga bisa kenakan pakaian panjang, topi, atau kacamata hitam saat ingin beraktivitas di bawah terik matahari.